Alat Pertanian Modern

23 Desember 2011, 22:48:31 WIB oleh Ferry Agung

Sekadau miliki mesin pertanian modern

 Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan melakukan demontrasi terhadap empat mesin pertanian seperti mensin pengolah pupuk kompos, handtractor, mesin pengolah tanah dan mensin pembuat benih.

Demontrasi alat pertanian yang dilaksanakan di Dusun Gonis Rabu Desa Gonis Tekam, Selasa (23/3), dilakukan langsung oleh Aisten I bidang pemerintahan, ekonomi dan sosial setda Kabupaten Sekadau Acara bertajuk menjadikan petani

Acara bertajuk menjadikan petani modern itu diikuti oleh sejumlah kelompok tani, selain sejumlah kepada dinas, badan, kantor, seluruh camat, kades, PPL dan mentri tani yang tersebar di seluruh Kabupaten Sekadau.

Alat pertanian tersebut didatangkan dari negara Jepang. Hal yang luar biasa adalah, Kabupaten Sekadau adalah salah satu pengguna pertama alat canggih tersebut untuk Kalbar. Salah satu keunggulan alat pertanian tersebut adalah penanamannya langsung menggunakan tenaga mensin, artinya tidak lagi menggunakan tenaga manual.
Kelebihan alat tanam padi tersebut mempunyai kecepatan 0,34-0,77 m/detik. Dengan alat tersebut sangat membantu petani lebih menghemat tenaga dan biaya.

Dalam sambutannya, Jhon mengatakan berbagai cara terus dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sekadau kepada petan, yang tujuannya adalah semata-mata untuk mensejahterahkan masyarakat petani dalam. “Misalkan saja memberikan pendidikan atau pelatihan kepada masyarakat petani melalui PPL, memberikan berbagai bantuan yang diperlukan oleh petani. Hari ini (kemarin, red) bupati baru saja memberikan bantuan alat petani modern,” ujarnya.

Salah satu tujuan yang selama ini menjadi tujuan bupati simon Pettrus ujar Jhon, adalah mengubah masyarakat petani dari cara tradisional ke modern. Dengan kehadirian alat petani yang modern ini tentunya akan meringankan pekerjaan petani serta dapat memberikan penghasilan yang maksimal melimpah.

Selain itu, Yohanes Jhon juga menyampaikan kepada masyarakat petani, apa yang telah diberikan oleh pemerintah daerah berupa bantuan alat pertanian maupun bantuan lainnya haruslah dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga bantuan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat petani.

“Masyarakat petani patut mensyukuri berbagai bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah, karena tujuan kita yaitu adalah mensejahterakan petani. Manfaatkanlah alat yang ada, jangan alat tersebut rusak di gudang, kalau rusak dipakai itu tidak menjadi masalah,” saran Yohanes Jhon dengan ramah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Adrianto Gundokusumo dalam pernyataanya juga mengatakan, meninginkan petani yang ada di tiap-tiap desa bisa menjadi petani yang sukses. Karena pemerintah daerah sekadau di bawah pimpinan bupati Simon sangat konsen dengan masalah pertanian. Hal itu dapat dibuktikan dengan pemberian berbagai bantuan yang selama ini telah disalurkan pemerintah kepada kelompok petani. “Misalnya mesin tanam padi dan banyaun lainnya,” ujar Adrianus.

About these ads
By lianijuvita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s